Rabu, 18 Mei 2016

Jika Kopling Starter Yamaha Mio Los

Pengguna Yamaha Mio Sporty pasti sering pusing dengan elektrik starter yang los. Saat tombol starternya dipencet, dinamo starter hanya berputar namun motor nggak mau hidup. “Karena starternya tidak mau memutar gigi poros," terang Masrukin owner bengkel Kin’s motor di Banyuwangi, Jatim.
Pebengkel berambut kribo itu bilang, penyebab ngelosnya  ada di bagian pin penggerak starter yang macet. Orang sana bilang pin mimis. Entalah sering mimisan atau gimana itu sterter.Pin yang digerakkan pegas ini lengket akibat daki alias kotoran. Ia tidak bisa menggerakkan gigi starter yang terhubung ke poros puli depan.
Untuk mengobatinya nggak perlu ke dokter gigi, cukup sampeyan antar ke bengkel sebelah rumah untuk bongkar CVT-nya. Lho kok bongkar CVT segala??  “Kopling starternya ada di belakang rumah puli primer atau rumah roller. Ya, harus bongkar CVT dulu,” terang mekanik yang masih menjomblo ini dan lagi sibuk cari pacar.
Ini pin-pin yang telah berhasil dilepas. Tinggal digosok dan dihaluskan
Cara bongkar puli sama dengan tips mengganti roller yang juga pernah ditulis di portal ini. Bila sampeyan belum baca sekalian baca tipsnya dikanal sebelah atau cari di TIPS LAIN  di bawah tulisan ini. Mudah kok di maniakmotor.com, nggak perlu beli kertas di pinggir jalan. Cukup modal internet sebulan sudah bisa sepuasnya baca.
Setelah kopling starter tadi dilepas tinggal sampeyan lihat pin pendorong mimisnya ada 4 buah. Pastikan semuanya tidak lengket atau seret. Jika lengket pasti sulit dilepas, saran Masrukin sih kopling dipanaskan  di atas kompor kurang-lebih 15 menit. Setelah dipanggang jangan diberi sambel, tapi langsung dijepit tang. Selagi panas itu dipukul pelan-pelan tepat pada bagian pin pendorong. Niscaya dengan memanggang ini daki-daki pada bagian pin rontok dan pin bisa dilepas.
Setelah pin terlepas gosok permukaaan pin dengan ampelas halus ukuran 400. Lalu coba pasang kembali ke tempatnya. Pastikan pin tadi bisa mendorong mimis starter dengan lancar car..car. Beres  dah, sekarang pasang kembali, dijamin motor sampeyan nggak bakal los lagi. Ampuh kan.



http://maniakmotor.com/index.php/tips-s/2915-tips-motor-kopling-starter-yamaha-mio-los

Tidak ada komentar: